Gerakan Pramuka merupakan satu-satunya organisasi kepanduan di Indonesia yang melaksanakan pembinaan peserta didik dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. Pembinaan tersebut diarahkan pada peningkatan kemampuan, ketrampilan, dan kedisiplinan seiring kemajuan zaman agar eksistensinya lebih handal untuk mampu berkarya dan berinovasi dalam pembangunan.

Lomba Cepat Tepat Pramuka selanjutnya disebut LCTP merupakan pertemuan Pramuka mulai dari golongan siaga, penggalang, penegak dan pandega dan Pramuka perguruan tinggi dalam bentuk DARING ( Dalam Jaringan) via Google form yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Kota Semarang dalam rangka menggeliatkan kembali semangat kompetisi kemampuan teknik dan pengetahuan kepramukaan untuk menjadi barung, regu dan sangga terbaik di Kota Semarang. Bersamaan dengan itu, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Semarang mengadakan kegiatan peningkatan kemampuan teknik dan pengetahuan kepramukaan lewat kegiatan prestasi melalui kegiatan Lomba Cepat Tepat Pramuka.

SMPI Al Madina merupakan salah satu pangkalan di Kwatir Ranting Gajah Mungkur yang aktif mengikuti kegiatan kepramukaan dan perlombaan tingkat kota, khususnya dalam cabang LCTP.

Dengan izin dari Kak Kwarran Gajah Mungkur Kak Kristantina dan Kak Mabigus Gugus Depan 03.073/03.074 Kak Nadhirin, S.Pd.I, kami selaku pembina yaitu kak Zuhdi, Kak Rizqi dan Kak Miftah membentuk team LCTP dengan formasi 2 team putra berisi 6 Siswa dan 1 team putri berisi 3 orang. Berikut adalah nama-nama pelatih dan peserta LCTP tingkat kota Semarang tahun 2020 :

Pelatih :

  1. Zuhdi, S.Pd.
  2. Muhammad Rizqi Fauzi, S.Ag.
  3. Miftakhunnikmah, S.Pd.

Peserta :

Tim putra 1 :

  1. Dwi Hidayat Pambudi Utomo
  2. Muhammad Rafi Akbar
  3. Luthfan Akbar Raindrasakti

Tim putra 2 :

  1. Sounda Hafuza Najwan
  2. Semesta Kalbu Saladin
  3. Muhammad Syafiq Saifuzzaman

Tim Putri :

  1. Yonika Adiyha Rizkitama
  2. Nurita Hanum Nabila Putri
  3. Rizka Amalia Rahmawati

Kegiatan LCTP tingkat Kota Semarang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 6 November 2020. Team Al-Madina menyiapkan diri untuk mengikuti lomba dua minggu sebelumnya, dengan latihan membaca teks pram, boyman dsb setelah shalat dzuhur tepat sampai dengan selesai.

Perlombaan diadakan secara daring menggunakan zoom dan dipantau oleh panitia menggunakan zoom guna mengikuti protocol kesehatan. Alhamdulillah dengan izin Allah kami dapat meraih prestasi dalam perlombaan ini berupa :

  1. Juara 1 LCTP putra
  2. Juara 1 LCTP putri
  3. Juara 3 LCTP putra