Salah satu program penunjang pembelajaran di TK Islam Al Madina adalah field trip.
Field trip adalah studi lapangan yang dilakukan oleh siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang terjadi atau dilaksanakan diluar sekolah.
Field trip merupakan kunjungan wisata atau kunjungan yang dapat menunjang pengetahuan anak melalui pembelajaran diluar kelas dengan mendatangi beberapa destinasi yang telah ditentukan.
Kegiatan field trip ini bukan hanya sekedar kegiatan dimana anak hanya asyik bermain diluar lingkungan sekolah, namun anak tetap bisa di ajak untuk belajar. Kegiatan Field trip TK Islam Al Madina Semarang TP 2022/2023 dilaksanakan pada hari Selasa,21 Februari 2023 bertempat di Cimory mengambil tema Binatang dengan sub tema manfaat olahan susu.
Untuk tahun ini, kegiatan diikuti oleh 98 siswa TK A dan 78 siswa TK B didampingi oleh 13 orang guru . Tujuan field trip ke Cimory adalah mengenalkan kepada siswa tentang binatang sapi,hasil olahan susu sapi dan manfaat olahan susu sapi.
Kegiatan yang dilakukan siswa selama di Cimory adalah:
1. Melihat minizoo : Ada beberapa binatang yang menjadi koleksi dari minizoo di Cimory. Diantaranya adalah: berbagai jenis musang,ular,burung,unta,domba dll.
2. Memerah susu sapi : Siswa diajak praktek memerah susu sapi dengan didampingi petugas dari Cimory.
3. Melihat video macam- macam olahan dan manfaat susu sapi
4. Praktek membuat milk shake
5. Minum susu sapi